PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN NEGERI 1 GRESIK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru secara simultan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan hipotesis asosiatif. Peneliti menggunakan teknik analisa data uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda untuk menjawab tujuan dari penelitian. Penelitian ini menghasilkan empat jawaban dari beberapa rumusan masalah mengenai gaya kepemimpinan, dan motivasi terhadap kinerja. Berikut adalah penjelasannya : Pertama, terdapat pengaruh signifikan pada Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru secara Parsial dengan hasil variabel gaya kepemimpinan thitung sebesar 1.254, dan dengan signifikan 0,021 < 0,05 . Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan pada Motivasi Terhadap Kinerja Guru secara parsial dengan hasil variabel Motivasi thitung sebesar 20.004 dan dengan signifikan 0,000 < 0,05. Ketiga, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi mempunyai pengaruh yang simultan atau secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan hasil Uji F hitung sebesar 639.339 dengan signifikan 0.000 < 0,05. Keempat, variabel Gaya Kepemiminan, Motivasi dapat menjelaskan tentang besar perubahan pengaruh dari Kinerja sebesar 95,8%, sedangkan sisanya 4,2 % disebabkan oleh variabel lain.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arinda Frismelly (2021), DIRASAH : Jurnal Study Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, Vol 4, No 2, Agustus 2021
Bangun, Wilson., (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Barnawi dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesioanal. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Benjamin, Bukit 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahr Publishing
Bintha Ustafiano (2021), Manajemen Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol. 16 (1) (2021): 57-63
Burhanudin (2022), Jurnal Lentera Bisnis, Volume 11, Nomor 1, Januari 2022
Enny, Mahmudah. 2019. Manajemen SDM. Surabaya : UBHARA Manajemen Press
Farida, Umi. 2016. Manajemen SDM II. Ponorogo : Unmuh Ponorogo Press
Husaini Usman¸Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006),
Husni Anwar (2021), Jurnal Inovasi dan Risawt Akademik, Vol.2 No.7 2021
Ismail (2020), Jurnal Economica Didactica, Vol 2, No 1 (2020)
Kurniadin, Didin dan Machali. 2014. Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Peraturan Pemerintahan Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (PP No. 19 Tahun 2005)
Priyatno 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI OFFSET
Priyono 2009. Pengantar Manajemen. Surabaya : Zifatama Publisher
Rahmat, Abdul 2017. Kepemimpinan Pendidikan dan Budaya Mutu. Yogyakarta : Zahr Publishing
Rahmawati, T. & Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Malang: Gava Media.
Ribosnita (2021), EEJ : Ekasakti Educational Journal, Vol 1, No 1, Januari 2021
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusman, T. (2015). Statistika Penelitian Aplikasinya Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2018),
Sintani, Lelo. 2022. Dasar Kepemimpinan. Sidoarjo : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri
Slamet Riyadi (2017), Jurnal Litbang Kota Pekalongan, Vol. 13 Tahun 2017
Sofar Silaen dan Widiyono, Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. (Jakarta: In Media, 2013),
Sudarwan Danim dan Suparno,Manajemen dan Kepemmpinan Transformasional Kekepala Sekolahan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sunarsih, Denok. 2020. Panduan Meningkatkan Kinerja Guru dan Kepuasan Guru. Banten : Desanta Muliavisitama
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Uno, Hamzah, B. 2017. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yunita Sari (2020), Jurnal Golden Age, Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 20-29
Copyright (c) 2025 Sulthan Rafid Izzuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.