PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA S-A PRODUCT DI GRESIK

  • Achmad Yusuf, Choiri STIENU Gresik
Keywords: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Management, Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada S.A Product Di Gresik. Populasi dan sampel dalam penelitian  ini adalah pelanggan S.A product pada Tahun 2021. Cara menentukan sampel menggunakan teori slovin sebanyak 86 responden. Analisis data yang digunakan adalah program IBM SPSS 22. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya dan menyatakan data kuisioner telah valid dan reliabel untuk penelitian.  Hasil penelitian uji t,menunjukkan adanya pengaruh parsial  variabel produk, harga, tempat, dan promosi terhadap volume penjualan S.A. Product di Gresik. Lalu pada penelitian uji f menyatakan variabel produk, harga, tempat ,dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan. Hasil uji koefisien determinasi variabel produk, harga, tempat, dan promosi menjelaskan tentang besar perubahan pengaruh dari volume penjualan sebesar 41.1% dan sebanyak 58.9% dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti pada penelitian ini.

Kata Kunci : Produk, Harga, Tempat, Promosi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih
Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Daryanto, 2011. Manajemen Pemasaran. Cetekan 1. Bandung : Satu Nusa Yogyakarta.
Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian, Yogyakarta: Andi, 2014
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV. Alfabeta, 2018.
Hendrayani, Sitinjak, Dkk. (2021) Manajemen Pemasaran (dasar & konsep) Bandung: Media Sains Indonesia
Ismanto, Juli (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan : Unpam Press
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga. p125
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks
Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran By Philip Kotler Gary Armstrong Edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran.
Sukabumi: CV Al Fath Zumar
Limakrisna, Nanda., dan Yudi Julius (2016), Manajemen Pemasaran, Model Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Yogyakarta: Deeppublish
Oentoro, Deliyanti. (2012). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Purba, T. P. & Limakrisna, N. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller,2012, Manajemen Pemasaran ed.Ketiga Belas . Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM : Penerbit Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.
Published
2025-06-30
How to Cite
Choiri, A. Y. (2025). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA S-A PRODUCT DI GRESIK. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 10(01), 22 - 32. https://doi.org/10.59179/jek.v10i01.109
Section
Articles