ANALISIS PENERAPAN MARKETING MIX BERBASIS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING NURUL HAYAT TRAVEL SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis bagaimana penerapan marketing mix berbasis syariah di Nurul Hayat Travel Surabaya dapat meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan yang ketat di industri travel umrah dan haji. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan marketing mix berbasis syariah oleh Nurul Hayat Travel Surabaya berhasil mengintegrasikan prinsip-prinsip syariah dalam produk, harga, tempat, dan promosi. Dengan paket umrah dan haji yang transparan, harga adil, lokasi strategis, dan promosi efektif, NH Travel menciptakan pengalaman ibadah berkualitas bagi pelanggan. Ini meningkatkan daya saing serta membangun kepercayaan dan loyalitas jamaah, yang pada gilirannya memperkuat reputasi perusahaan.
Downloads
References
Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. In DEEPUBLISH. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Hariyanto, M., & Setiawan, H. (2021). Konsep Marketing mix Dalam Ekonomi Islam. AL-AMAL, Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, Vol. 1(Juni), 43–50.
Hasanah, I., Rahman, A., & Burhan, D. (2022). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS SYARIAH MELALUI PENDEKATAN MARKETING MIX DALAM MENGEMBANGKAN WISATA CAKRA SURAMADU Irodatul. Jurnal Pariwisata Indonesia, 18(2), 53–63.
Husniar, F., Sari, T. R., Safira, A. M., & Kamila, E. R. (2023). Strategi Pengembangan Produk Baru Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 22–34. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i2.2156
Masrur, M., & Arwani, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing mix Berbasis Syariah. Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 42. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1345
Mohamad, R., & Niode, I. Y. (2020). Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7062
Nurhadi. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 142–157.
Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234
Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Ekbis, 20(2), 1280. https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.237
Shobikin. (2023). Penerapan Marketing mix Syariah pada UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1183–1188. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.8485
Syukur, P. A., & Syahbudin, F. (2020). Konsep Marketing mix Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1), 71–94. https://doi.org/10.46899/jeps.v5i1.167
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Copyright (c) 2025 Elva Widya Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.