OPTIMALISASI STRATEGI DALAM MENUMBUHKAN WIRAUSAHA KECIL MENENGAH (WKM)

  • Asrawi Fahmi Mingka Diva 081391310729

Abstract

Abstrak
Sektor UKM merupakan sektor “penyelamat” ekonomi selama krisis Indonesia
dan memberikan pemahaman baru kepada masyarakat dan pemerintah tentang
pentingnya UKM dan sektor informal. UKM menghadapi sejumlah masalah, antara
lain: (1) masalah pendidikan, motivasi dan teknis, (2) masalah produksi, (3) masalah
pemasaran, (4) masalah keuangan, dan (4) lingkungan bisnis yang kurang
menguntungkan. Pengembangan usaha UKM memerlukan analisis SWOT untuk
mendiagnosis faktor internal dan eksternal. Perlu mengidentifikasi aspek kebutuhan
dan pengelolaan karakteristik produk, pasar, teknologi, modal dan sumber daya
manusia.
Kata Kunci : Kewirausahaan, UKM

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kewirausahaan, UKM
Published
2025-06-30
How to Cite
Diva, A. F. M. (2025). OPTIMALISASI STRATEGI DALAM MENUMBUHKAN WIRAUSAHA KECIL MENENGAH (WKM). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 10(01), 1 - 7. https://doi.org/10.59179/jek.v10i01.53
Section
Articles