OPTIMALISASI STRATEGI DALAM MENUMBUHKAN WIRAUSAHA KECIL MENENGAH (WKM)
Abstract
Abstrak
Sektor UKM merupakan sektor “penyelamat” ekonomi selama krisis Indonesia
dan memberikan pemahaman baru kepada masyarakat dan pemerintah tentang
pentingnya UKM dan sektor informal. UKM menghadapi sejumlah masalah, antara
lain: (1) masalah pendidikan, motivasi dan teknis, (2) masalah produksi, (3) masalah
pemasaran, (4) masalah keuangan, dan (4) lingkungan bisnis yang kurang
menguntungkan. Pengembangan usaha UKM memerlukan analisis SWOT untuk
mendiagnosis faktor internal dan eksternal. Perlu mengidentifikasi aspek kebutuhan
dan pengelolaan karakteristik produk, pasar, teknologi, modal dan sumber daya
manusia.
Kata Kunci : Kewirausahaan, UKM
Downloads
References
Copyright (c) 2025 Asrawi Fahmi Mingka Diva

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.