PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KESUKSESAN UMKM SEBLAK LAMBUNG BERGETAR

  • Yunika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah
  • Nining Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah
Keywords: Pemasaran Media Sosial, Inovasi Produk, UMKM Seblak Lambung Bergetar, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran media sosial sebagai media promosi dalam peningkatan pemasaran produk (UMKM) usaha makanan Seblak Lambung Bergetar yang berada di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan dan kesimpulan (verifikasi hasil penyusunan). Hasil penelitian menunjukan bahwa kesuksesan menggunakan media sosial sebagai media promosi sangatlah penting bagi peningkatan pemasaran produk (UMKM) usaha kuliner dalam pemasaran secara online khususnya usaha-usaha kuliner yang tergolong relatif masih kecil. UMKM Seblak Lambung Bergetar ini menunjukkan beberapa inovasi yang sudah dilakukan seperti inovasi berbasis modulasi, inovasi berbasis ukuran, inovasi berbasis pengembangan bahan komplementer, dan inovasi berbasis pengurangan upaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahren, B., & Suroso, I. R. (2018). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Marketing, dan Inovasi Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8-18.
Fitri, D. A., Refinda, D. S., Sari, M. P., Azary, O. G., Sari, W. R., & Ramdani Bayu Putra. (2021). Inovasi Produk Pada UMKM Tara Bakery Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi, dan Perubahan, 21-26.
Nizam, M. f., Mufidah, E., & Fibriyanti, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 100-109.
Yulianti, E. (2023, Februari 20). Mengenal Sejarah Asal-Usul Seblak Khas Bandung. Retrieved from detikJabar: https://www.detik.com/jabar/kuliner/d-6578953/mengenal-sejarah-asal-usul-seblak-khas-bandung#amp_ct=1684156501280&_tf=From%20%251%24s&aoh=16841564812554&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&share=https%3A%2F%2Fwww.detik.com%2Fjabar%2Fkuliner%2Fd-65
Published
2024-12-31
How to Cite
Yunika, & Nining. (2024). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KESUKSESAN UMKM SEBLAK LAMBUNG BERGETAR. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 9(02), 84 - 89. https://doi.org/10.59179/jek.v9i02.91
Section
Articles