Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Risiko Terhadap Penggunaan Kembali Shopeepay (Studi Kasus SMK NU Gresik)
Abstract
ShopeePay is a form of service e-wallet from Shopee, which is one of the electronic money services that is widely used by the public, which based on a survey conducted by UMN Consulting stated that as many as 42.77 percent of its users were in the age range 1-17 years. Therefore, the object of this research is SMK NU Gresik. Meanwhile, the subjects of this research were NU Gresik Vocational School students, using a purposive sampling technique, the sample in this research consisted of 88 respondents. To carry out data analysis in this study, multiple linear regression analysis was used with the SPSS 25 application. The test results show that perceived convenience, perceived benefits and perceived risk have a positive and significant effect on the reuse of Shopeepay (Case Study of SMK NU Gresik).
Downloads
References
Arifiyanto, M., & Kholidah, N. (2020). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik berbasis server. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 697-706.
Asmarina, N. L., Yasa, N. N., & Ekawati, N. W. (2022). Pengaruh Perceived of Use dan Perceived Usefulness Terhadap Niat Beli Kembali. Tangerang: Pascal Books.
Brahanta, G. P., & Wardhani, N. I. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay Di Surabaya. Jurnal Sains Manajemen.
Cihuy, P. G. (2019). Mencari Peluang di Revolusi Industri 4.0 Untuk Melalui Era Disrupsi 4.0. Jakarta: Queency Publisher.
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. urnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, 104-112.
Falah, M. N. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Kembali Shopeepay di Kota Malang Saat Pandemi Covid-19 . Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14.
Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yoga Pratama.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 171-180.
Hariyani, I., Serfiani, C. Y., & Purnomo, R. S. (2018). Penyelesaian Sengketa Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan.
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika.
Okaviantari, K. A., Ekawati, N. W., Yasa, N. N., & Suasana, I. G. (2023). Persepsi Risiko & Pengetahuan Produk Untuk Membangun SIkap Positif dan Niat Beli : Konsep Aplikasi. Cilacap: Media Pustaka Indo.
Pebriantie, D., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. Economics and Digital Business Review.
Phan, M. S., & Riyadi, O. T. (2022). Teknologi Keuangan Anak Muda. SCU Knowledge Media.
Prasetya, H., & Putra, S. E. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Manfaat dan Risiko terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik di Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis.
Pratama, A. B., & Suputra, I. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi.
Pratama, A. B., & Suputra, I. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 927-953.
Prayudi, I. G., Sukaatmadja, P. G., Yasa, N. N., & Giantari, I. G. (2022). A Studi : Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kegunaan Untuk Membangun Kepercayaan dan Niat Menggunakan Kembali Layanan Mobile Banking. Bandung: Media Sains Indonesia.
Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat; Persepsi Kemudahan Penggunaan; dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. Journal of Economics and Banking, 166.
Reza, H. K. (2017). Electronic Payment. Cirebon: Wiyata Bastari Samasta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2025 Erika Widia Ningtyas, Susilo Aji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.